Pemerintah Kota Samarinda Sukses Pertahankan Predikat UHC 2024

Sudah dilihat 3,025 Kali, Hari ini saja ada 16 Kali dilihat

SAMARINDA- Kota Samarinda kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan berhasil mempertahankan predikat “Universal Health Coverage” (UHC) pada tahun 2024. Penghargaan prestisius ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada acara UHC Awards 2024 yang digelar di Jakarta, 8 Agustus 2024 lalu.

Hingga 31 Juli 2024, jumlah peserta Program JKN di Samarinda tercatat mencapai 873.721 orang, atau setara dengan 101,37% dari total penduduk kota ini berdasarkan data Semester II tahun 2023. Angka ini tidak hanya sekadar statistik, tetapi juga menjadi bukti nyata dari keseriusan Pemerintah Kota Samarinda dalam memastikan seluruh warganya mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai.

Lebih dari sekadar angka, capaian 101,37% ini mencakup seluruh warga Kota Samarinda, termasuk penduduk miskin dengan KTP luar Samarinda. Mereka kini terlindungi oleh asuransi kesehatan melalui BPJS Kesehatan, menjamin perlindungan yang setara bagi semua lapisan masyarakat.

Kesuksesan ini tentu tidak lepas dari dukungan penuh dan komitmen tak tergoyahkan dari Walikota Samarinda Dr H Andi harun. Dengan keberlanjutan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), warga Samarinda dapat terus merasakan manfaat nyata dari akses layanan kesehatan yang berkualitas, yang disediakan tanpa diskriminasi.

Kota Samarinda sekali lagi membuktikan bahwa kesehatan warganya adalah prioritas utama, sebuah dedikasi yang tak hanya dipertahankan tetapi juga terus ditingkatkan demi kesejahteraan seluruh masyarakat.(*/KMF-SMR)