FORMAT Samarinda Adakan Buka Bersama dan Dialog Seni Tarsul

SAMARINDA- Bertempat di Rumah Seniman Jalan Pramuka, Forum Aktualisasi Seni Tradisional (FORMAT) kota Samarinda, menggelar acara buka puasa bersama seniman kota, Minggu (2/5) kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua Dewan Kesenian Kota Samarinda, Dr. Ibnu Arabi, Ketua FORMAT-Kaltim Elansyah Jamhari, Direktur Pelaksanan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kaltim Muran Ghautama, serta perwakilan berbagai kelompok seni budaya yang ada dalam binaan FORMAT.

Menurut Ketua FORMAT Samarinda, Muhammad Nurrohim, kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Diselenggarakan untuk lebih mengakrabkan para seniman dan menjalin silaturahmi.

Format sendiri merupakan sebuah perkumpulan yang mewadahi dan membina berbagai jenis kesenian dan kebudayaan, terutama yang bernuansa tradisional. Hal ini tentu saja agar para seniman dan budayawan merasa memiliki ‘rumah’ tempat mereka bisa bekerjasama dan saling mendukung dalam berkarya.

Sebelum berbuka puasa acara diisi dengan taushiah dan zikir yang dipimpin oleh anggota komite sastra Dewan Kesenian kota Samarinda, Abdillah Syafei, S.Ag.

Dalam taushiahnya Abdillah yang juga pegawai Kominfo kota Samarinda ini mengungkapkan, bahwa seniman dan budayawan sejatinya adalah penyampai nilai-nilai kebaikan. Meski bukan penceramah namun para seniman juga memiliki amanah untuk selalu mengajak sesama agar berbuat baik dan menjauhi kemungkaran.

Acara buka puasa dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah, makan malam bersama dan dialog soal seni bertutur Tarsul seusai shalat tarawih. Dialog ini disiarkan secara live malalui akun facebook Format Kaltim. (Dil/*)