Malam Ramadhan Format Kaltim Gelar Tahlil dan Do’a Buat Budayawan

SAMARINDA, Malam pertama bulan Ramadhan, Senin (12/4/2021), Forum Aktualisasi Seni Tradisional (Format) Kalimantan Timur menggelar do’a bersama untuk arwah para seniman dan budayawan yang telah mendahului mereka.

Tak kurang ada 8  nama yang disebut-sebut dalam doa selain tentunya disampaikan pula doa secara umum. Para almarhum yang dimaksud adalah H. Syahransyah, Dr. Mugni Baharuddin, Syahlan Khan, Yusransyah, Muhammad Aini, Roby Indra Wahyuda, Fadliansyah, dan Helmi Yadi. Mereka adalah orang-orang yang merupakan bagian dari keluarga besar Format yang telah berpulang.

Pembacaan tahlil dan doa dipimpin oleh Selamat Said Sanif dan Abdillah Syafei, dihadiri ratusan seniman dan budayawan kota Samarinda. Tak lupa tentunya hadir Ketua Format Kaltim Elansyah Jamhari dan Ketua Format Samarinda Muhammad Nur Rohim.

Dan yang istimewa kegiatan ini dihadiri oleh produser Sandima (Sandiwara Mamanda) dari TVRI Kaltim Drs. Zainal Abdi. Zainal sendiri telah turut mendukung kiprah Format baik dalam berkesenian modern maupun dalam acara Sandima sejak tahun 90-an. Sehingga sudah menjadi bagian dari keluarga besar FORMAT.

Selain itu ada juga perwakilan berbagai kelompok seni yang merupakan bagian dari keluarga besar Format, seperti Teater Mahakam, Teater Kah, Teater Regenerasi, Teater Rawa, Teater Soju, Apam Serawa, Ibud Komedi, Sanggar Seni Benaung, Kuarsa Mahakam, dan tokoh lain secara perseorangan.

Acara doa dilaksanakan sesudah salat maghrib, dilanjutkan dengan bincang-bincang Ramadhan yang merupakan ajang silaturahmi bakda isya secara live streaming melalui fanpage Format Kalimantan Timur.

Silaturahmi bersama raja Sandima (Sandiwara Mamanda) Loah Maurai ini kemudian ditutup dengan taushiah dan doa untuk korban bencana di NTT dan Jawa Timur serta tempat-tempat lain di belahan bumi ini. (*/Dil)