Stop Korupsi, Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Di Disdik Samarinda

SAMARINDA. Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati menghadiri pencanangan komitmen zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Samarinda di halaman parkir Disdik Samarinda , Jl Biola, Selasa (15/12) pagi.

Acara yang diikuti seluruh komponen Disdik mulai dari personal internal beserta para pengawas. Pencanangan tersebut ada beberapa poin penting yang perlu mendapat perhatian untuk menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Barkati mengatakan komitmen adalah janji pada diri sendiri dan pada pihak lain untuk melaksanakan fungsi, tugas dan kewenangan sesuai yang dibebankan pada seorang pimpinan dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya, mencegah terjadinya penyimpangan kinerja dan pengelolaan keuangan daerah khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda pada dasarnya telah dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Kota Samarinda sendiri telah menerbitkan Perwali Samarinda Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pemberantasan Pedoman Pengendalian Gratifikasi yang sudah diimplementasikan di semua OPD di Pemerintahan Kota Samarinda sejak tahun 2017.

“Kami sadari bahwa pembangunan zona integritas menuju WBK harus dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, terstruktur, tersistem, serta terintegritas,” pesan Wawali.

Tentunya lanjut Barkati, dengan sistem yang dikembangkan dan dilaksanakan secara nasional oleh Pemerintah Pusat, terutama terkait dengan program percepatan reformasi birokrasi. Wawali juga berharap agar penandatanganan pencanangan zona integritas di Dinas Pendidikan Kota Samarinda ini tidak sekedar seremonial belaka, tetapi harus ada perbaikan nyata pada pelayanan.

Turut hadir Asisten I Setda Kota Samarinda Tejo Sutarnoto, Kepada Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin, Kepala Bapenda Hermanus Barus, Sekretaris Dinas Kominfo Dian Ruhendra, Mewakili Kapolres AKP Rohana, Mewakili Dandim 0901/Smd Mayor Inf Alex. (fan/don/kmf-smd)