Lantik 156 Orang, Jaang Ingatkan Tanggung Jawab

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang melantik dan mengambil Sumpah Jabatan 156 Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda melalui video conference dan 20 orang perwakilan secara langsung di aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Selasa (20/10).

Di awal sambutannya, Syaharie Jaang menilai pegawai ASN sebagai pelaksana kebijakan publik dan pelayanan publik, serta berperilaku sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Aparatur Sipil Negara menurutnya sebagai profesi yang berlandaskan pada prinsip nilai dasar, serta kode etik dan kode perilaku yang bertujuan untuk menjaga martabat dan kehormatan Aparatur Sipil Negara.

“Pejabat Fungsional pada hakekatnya merupakan seorang yang mempunyai tanggung jawab atas hasil pelaksanaan tugas dan kewenangan pelaksanaan tugas secara mandiri dan penguatannya dalam peningkatan produktifitas kerja, jenjang karir PNS dan peningkatan profesionalisme PNS yang dituangkan dalam bentuk angka kredit,” ucap Syaharie Jaang.

Walikota dua periode ini juga menambahkan, pelantikan merupakan hal yang wajar dan perlu dimaknai sebagai kebutuhan organisasi. Untuk itu ia berharap setiap pegawai dapat berkontribusi dalam berbagai inovasi pengelolaan dan melahirkan sebuah pemikiran dan gagasan dalam membentuk karakter yang mandiri.

“Yang paling pertama dan utama itu kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, kita hari ini sehat dan berkesempatan hadir dalam pelantikan, sehat dan kesempatan itu sangat penting. Artinya masih banyak kesempatan untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara kita. Tidak kah kita bersyukur hari ini bisa berdiri dengan sempurna, banyak saudara kita warga Kota Samarinda yang mendahului kita karena Covid-19. Oleh karena itu jangan berhenti bersyukur, jangan berhenti saling doa-mendoakan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diantaranya Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Asisten III Pemerintah Kota Samarinda Ali Fitri Noor. (fer/don/kmf-smd)