Yayasan Ishlahul Ummatil Islamiyah Bantu Kaum Disabilitas

SAMARINDA: Pandemi Covid-19 jelas membawa dampak pada perekonomian masyarakat. Apalagi bagi kaum dhuafa termasuk kaum disabilitas yang tentunya tidak bisa bekerja sebagaimana orang normal.

Terketuk dengan penderitaan sesama, yayasan Ishlul Ummatil Islamiyah Samarinda, yang biasa disebut “Islahul Ummah” rutin menyalurkan sumbangan kepada kaum dhuafa. Biasanya kegiatan penyaluran bantuan dilakukan setiap hari jum’at.

Di hari jum’at pekan ini (02/10/2020) yayasan Islam yang bergerak dalam pendidikan dan tahfidz Al Qur’an ini, menyalurkan puluhan paket sembako. Sebagian dari sumbangan itu disalurkan pula kepada kaum dhuafa yang mengalami disabilitas.

Beberapa kepala keluarga yang bermukim di Gg. Langgar Rapak Dalam mendapatkan bantuan paket sembako. Diantar oleh para relawan, bantuan paket sembako tersebut diserahkan pada beberapa keluarga penyandang disabilitas. Ada yang tuna netra (tidak bisa melihat) dan ada pula yang tuna daksa (tak memiliki anggota tubuh).

Bantuan diserahkan oleh Kepala Sekolah Tahfidz Qur’an Usia Dini, Ustadzah Siti Julaiha yang diutus oleh pembina yayasan Ustadzah Rusmawati.

Menurut Siti Julaiha sumbangan ini merupakan titipan pembina Yayasan Ustadzah Rusmawati mewakili para jamaah dan pengurus yayasan Ishlahul Ummatil Islamiyah yang dikumpulkan selama sepekan.

“Saya hanya menyalurkan saja. Ini merupakan titipan dari Yayasan yang mengumpulkannya dari para donatur,” ujar Siti Julaiha kepada SSCNews.

Menurut Julaiha, kegiatan berbagi merupakan salah satu agenda rutin yayasan yang dilakukan seminggu sekali, dan ini sudah berjalan sejak awal yayasan berdiri. Bantuan diutamakan kepada kaum dhuafa yang benar-benar mengalami kesulita ekonomi. (asya)