Masjid Agung Pelita Potong 28 Ekor Sapi dan 15 Ekor Kambing

SAMARINDA: Panitia kurban Masjid Agung Pelita, Sabtu (01/08/2020) mengadakan penyembelihan hewan kurban yang dagingnya dibagikan kepada warga masyarakat dan pihak yang berkurban.

Menurut ketua pengurus masjid, Syafruddin AH, tahun ini Masjid Agung Pelita berhasil menghimpun hewan kurban sebanyak 15 ekor kambing dan 28 ekor sapi. Diantara hewan kurban tersebut ada yang berasal dari sumbangan dari Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Walikota Samarinda H. Syaharie Jaang.

Pelaksanan penyembelihan sendiri diadakan pada pagi hingga tengah hari dan selanjutnya dibagikan kepada yang berhak sejak bakda dzuhur hingga sore harinya. Diperkirakan tak kurang dari 700 bungkus daging kurban dibagikan hari ini.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaran ibadah kurban tahun 1441 H ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi covid-19 sehingga panitia benar-benar harus bekerja keras dalam mengatur pelaksanaan aneka kegiatan termasuk penyembelihan dan pembagian daging kurban.

Sejak pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha sehari sebelumnya panitia sudah melakukan penerpan protokol kesehatan, yakni dengan memberlakukan antrian, mencuci tangan dengan sabun, dan memberi jarak antar jamaah. Selanjutnya dalam penyelenggaraan kurban juga diatur agar bagaimana protokol kesehatan tersebut tetap bisa dilakukan.

Penerapan protokol kesehatan di masjid ini tidaklah sulit mengingat hal itu sudah dilakukan sejak sebelum hari raya Idul Adha. Dimana setiap harinya shalat lima waktu dan kegiatan pengajian sudah sejak beberapa waktu lalu dilaksanakan. (Asya)