Dukungan Demokrat Lengkapi Kepastian Badar Maju Dalam Pilwali Samarinda

SAMARINDA: Beberapa pengamat sempat memprediksi bahwa langkah Barkati-Darlis (BADAR) ke pemilihan kepala daerah kota Samarinda akan gagal. Hal ini disebabkan hingga bulan Juli 2020 kursi pengusung baru ada 4 yakni dari Partai Amanat Nasional. Sementara hubungan baik Barkati dengan almarhum Siswadi belum juga membuat PDIP mengeluarkan rekomendasinya.

Apalagi setelah wafatnya ketua DPRD kota Samarinda tersebut, harapan Barkati akan memperoleh dukungan dari partai pimpinan Megawati Soekarno Putri ini menjadi semakin berat.

Namun kabar mengejutkan datang hari ini Rabu (22/02020), Barkati Darlis akhirnya kemudian mendapat dukungan dari DPP Partai Demokrat. Partai yang di DPRD kota Samarinda memilki 5 kursi ini telah menggenapi jumlah kursi pengusung menjadi 9 kursi. Jumlah yang sudah cukup untuk membuat Barkati Darlis  bisa melenggang mulus ke kontestasi pemilihan walikota dan wakil walikota Samarinda.

Surat Dukungan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yang bertanggal 31 Maret 2020 dan Surat Dukungan DPP Partai Demokrat bertanggal 22 Juli 2020 kini beredar di grup-grup WhatsApp, Bain grup Politik, ormas, hingga paguyuban yang ada di kota Samarinda. Bukan hanya itu video penyerahan SK dukungan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga meramaikan jagat Maya.

Dengan kepastian majunya Barkati-Darlis dalam pemilihan kepala daerah kota Samarinda ini membuat hawa perpolitikan kota tepian kembali menghangat. Betapa tidak Barkati sebagai calon incumben tentu akan sangat diperhitungkan oleh saingan politiknya.

Apalagi pasangan Barkati adalah seorang Darlis Pattalongi, yang merupakan tokoh pemuda yang sudah sangat terkenal di Kalimantan timur. Bukan sekedar terkenal Darlis juga memiliki jaringan dan basis massa baik dari kalangan organisasi maupun kekerabatan dan kesukuan. (Asya)