Tiga Tips Hadapi Pandemi Ala Pakar Hipnoterapi

SAMARINDA. Kondisi Pandemi covid-19 tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik namun juga kesehatan mental masyarakat kita. Bahkan, menurut pakar tekonolgi pikiran Aditya Lesmana, gangguan di ranah pikiran ini sangat berpengaruh sekali terhadap daya tahan pisik dalam menghadapi penyakit.

“Bisa dibilang 90% penyebab sakit fisik disebabkan oleh pikiran, ini yang menjadikan banyak klien datang dengan keluhan sakit termasuk yang serupa dengan gejala covid” ujar Aditya Lesmana kepada media Ibukota, Jum’at (17/07/2020).

Dia mengatakan bahwa banyak klien yang datang dengan kasus merasa memiliki ciri seperti penderita Covid-19, namun saat dicek semua baik-baik saja.

“Karena kecemasannya ditambah seringnya membaca berita tentang Covid-19 ini berefek kepada psikosomatis, yaitu sakit fisik yang disebabkan beban pikiran dan perasaan” tutur direktur Lesama Care yang beralamat di Jalan Lempake tepian no 06 Samarinda ini.

Oleh karena itu Aditya melalui media ini memberikan 3 tips penting agar masyarakat tidak terkena pengaruh psikologis dengan situasi mencekam selama Pandemi ini.

Yang pertama, ujar dia adalah dengan selalu menyibukan diri kepada hal-hal yang positif. Bisa dengan olahraga, membaca buku, makan yang sehat, dan cukup minum air putih.

Yang kedua, hindari untuk mencari tahu atau membaca berita terlalu berlebihan, secukupnya saja, jika merasa perasaan tidak nyaman, berhenti dulu untuk baca apapun mengenai pandemi ini.

Ketiga, berlatih rileksasi dengan mengamati nafas keluar dan masuk, membayangkan setiap menghembuskan nafas, semua otot diseluruh tubuh menjadi kendur dan lemas, nikmati semua prosesnya, lakukan 10 menit atau lebih, akhiri dengan bersyukur minimal 10 hal yang ada didalam hidupmu.

Tiga tips ini menurut Aditya, menjadikan pikiran, perasaan dan emosi kita stabil, membuat imun memperkuat pertahanan tubuh kita.

“Selalu lakukan yang positif, hindari informasi negatif atau yang berlebihan, serta lakukan rileksasi berkelanjutan, rasakan hasilnya”, pungkasnya. (mediaibukota.com/As)