Meski Veteran, Semangat NKRI Tetap Bergelora

SAMARINDA. Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Wakil Walikota Samarinda Muhammad Barkati bersama Ketua Legiun Veteran Kalimantan Timur Muhammad Amin Jama beserta jajaranya mengikuti ragkaian kegiatan memperingati HUT Ke 63 LVRI di Gedung Joeang Graha Purna Yudha, Jl Harmonika, Selasa (7/1).

Di penghujung tahun 1956 dalam Musyawarah Nasional di Jakarta yang diikuti oleh sebanyak 130 organisasi berkas pejuang bersenjata dari seluruh Indonesia terdiri atas berbagai suku, ras dan agama, membuktikan persatuan dan kesatuan telah dapat memenangkan perang kemerdekan mengusir bangsa penjajah.

Kesadaran akan persatuan dan kesatuan bangsa dalam koridor Bhinneka Tunggal Ika itu pula lah yang dapat memotivasi berfungsinya organisasi-organisasi peserta Musyawarah Nasional menjadi LVRI Indonesia.

“Saya berpesan agar kita semua bisa menjadi motivator untuk menghidupkan makna pemahaman arti dari Bhinneka Tunggal Ika di dalam negara kita bermasyarakat yang berkembang untuk bisa hidup yang selaras dan selalu mendambakan perdamaian,” tuturnya.

Menurutnya, kebhinnekaan sudah merupakan kenyataan dalam kehidupan kita berbangsa dan bernegara, serta LVRI telah berhasil mengawal hal tersebut sampai dengan saat ini. Sementara Wakil Walikota Samarinda mengatakan keberagaman suku, ras dan agama yang merupakan ciri kelebihan negara Indonesia dengan masyarakat yang majemuk, ditetapkan dalam konstitusi menjadi lambang NKRI. (KMF14)

Penulis : Fany Dwi —Editor: Doni

Siaran Pers No.946/KM/KOMINFO/I/2020
Tanggal 7 Januari 2020