Dispar Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

SAMARINDA. Meningkatkan kemampuan SDM pengelola pariwisata dan masyarakat pariwisata dengan tujuan meningkatkan destinasi pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda belum lama ini melaksanakan Pelatihan Tata Kelola di Hotel Midtown baru-baru ini.
“Banyak potensi wisata yang harus dimaksimalkan pengelolaannya. Tentunya ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan perlu dukungan dan semua pihak termasuk masyarakat, baik pelaku maupun penggiat wisata yang ada di Samarinda,” ucap kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani.
Oleh karena itu lanjutnya melalui pelatihan ini bisa meningkatkan kemampuan SDM kepariwisataan dalam mengelola daya tarik pada suatu destinasi.
Menurutnya pengembangan kepariwisataan tidak terlepas dari kompetibelnya aspek atraksi, aksesbilitas dan amenitas dalam suatu destinasi pariwisata serta sinkronisasi unsure-unsur yang berpengaruh terhadap tumbuhnya destinasi tersebut membutuhkan kemampuan tata kelola secara baik.
“Pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan sumber daya manusia kepariwisataan tentang arah kebijakan umum pembangunan kepariwisataan di Samarinda. Kemudian juga meningkatkan pemahaman tentang Sapta Pesona, meningkatkan pengetahuan dalam tata kelola destinasi pariwisata di objek-objek wisata,” urainya.
Disamping itu, sebutnya juga untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta dalam pemasaran industry kepariwisataan, dan tata kelola financial dan kontribusi kepariwisataan bagi pertumbuhan ekonomi daerah.
Dalam pelatihan tersebut juga menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya Supriyadi Hadi Suwarno, Haris Zestia Wardana dan Fino Permadi.(***)