Menyayangi Istri Adalah Ibadah yang Sangat Istimewa

Jangan dikira bahwa yang namanya ibadah itu hanya “ritual” shalat, puasa ataupun ibadah haji. Urusan dunia, bahkan percintaan sekalipun bisa bernilai ibadah di sisi Allah bila dilakukan sesuai dengan ajaran agama. 
Islam mengajarkan bahwa kedudukan seorang wanita, termasuk istri adalah sangat istimewa. Kehadirannya dalam kehidupan seorang lelaki menjadi penyempurna kehidupan beragama si lelaki tersebut. Artinya, pernikahan adalah ibadah yang sangat penting dalam ajaran agama. 
Kembali ke soal istri. Istri adalah amanah besar yang dibebankan ke pundak seorang lelaki (suami). Ia tidak hanya boleh bersenang-senang dan berkasih sayang secara seksual, namun juga ada tugas dan tanggung jawab. Lelaki wajib menafkahi, mendidik dan mengajak serta mendampingi istrinya dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. 
Ada kewajiban yang bertambah pada diri seorang lelaki ketika dia telah menikahi seorang wanita. Ia telah mengambil alih sebagian besar tugas penjagaan, pendidikan.dan pemenuhan kebutuhan (jasmani-rohani)dari orang tua si perempuan. Dan itu tentu sangat berat.
Namun bagi laki-laki yang beriman kepada Allah, limpahan tanggung jawab tersebut pasti akan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Pernikahan adalah ibadah maka membimbing dan mengayomi istri merupakan rangkaian penting bahkan utama dalam ibadah tersebut…. Wallahu a’lam
Samarinda, 25 Mei 2019
(Abdillah Syafei)