MOTIVASI: Ngomong Aja Berani, Masak Nulis Takut? Ayo Nulis !!!

Dalam memulai sebuah tulisan ada satu hal penting yang harus diingat agar kita tidak jadi orang yang penakut dan berujung pada kendornya semangat menulis. Hal tersebut adalah kenyataan bahwa bahasa tulis itu bisa diedit sebelum dipublikasikan. Bahkan yang sudah dipublikasikan sekalipun masih memungkinkan untuk disunting kembali kan?

Berbeda dengan bahasa lisan yang jika sudah terucap tak mungkin ditarik lagi, bahasa tulisan lebih aman karena adanya kemungkinan editing tadi. Nah, jika dalam berbicara saja kadang kita bisa tahan berjam-jam ngoceh dan tak takut salah, kenapa menulis yang relatif lebih aman kok malah takut salah?

Berarti kekhawatiran salah itu hanyalah ‘mental block’ yang menghalangi keberanian kita dalam mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan.Dan ini harus dihancurkan dengan sering-sering menulis dengan nekad. Maksud saya nekad di sini adalah menulis tanpa memperdulikan godaan-godaan hati yang menakut-nakuti soal salah tadi.

Nah, coba baca lagi postingan saya ini, banyak salahnya kan? Biarin saja, namanya juga sarana pembiasaan. Salah itu adalah bagian yang tak perlu ditakuti dalam berlatih

(Abdillah Syafei)